Syarat-syarat Mutlak Untuk Menikmati Layanan Jaringan 4G

Negara Indonesia dengan jumlah penduduk yang begitu padat, dengan kesibukkan yang berbeda juga layanan jaringan yang  bermacam-macam. Yang sekarang populer adalah 4G. 

Sebelum kita lanjut, sedikit kita jelaskan tentang 4G. Apa sih sebenarnya 4G itu??? Sering kita dengar, orang beli HP yang support 4G. Mereka beli SIM card yang sudah 4G. Bahkan sampai ada yang protes, "waaah.. internet nya lemoot, di sini gak ada sinyal 4G nya..!!!" . Mungkin kita sering mendengar kalimat seperti itu.

Sedikit rangkuman, 4G adalah kata singkat dari fourth-generation, yang dikembangkan pada jaringan telepon seluler. Yang dahulu pernah kita dengar  Edge, HSPA, 2G, 3G, dst. 4G untuk standar dunia itu ada dua, yaitu ViMax (Korea Selatan - 2006) dan LTE (Swedia - 2009). Di Indonesia sendiri kedua standard 4G sudah masuk di Indonesia. Hanya saja yang sering kita dengar (yang lebih banyak dipakai oleh kita) adalah standard LTE. Walaupun standard 4G yang pertama digunakan di Indonesia adalah standard ViMax. Beberapa perusahaan jaringan seluler di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, Bolt, Smartfren, mereka menggunakan sinyal 4G standard LTE. 

Dalam penggunaannya, agar kita bisa menikmati layanan 4G dan bisa akses internet dengan cepat di jaringan itu, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan yaitu: 

1. Faktor wilayah / tempat tinggal
Tempat kita berada harus sudah dalam jangkauan 4G. Karena belum semua wilayah di Indonesia sudah ada jaringan tersebut. Biasanya di kota besar di Indonesia sudah bisa menikmati layanan ini. Eehh ternyata di tempat kita tinggal belum ada jaringan 4G, solusinya mudah, pindah saja ke wilayah lain yang sudah support jaringan itu.

2. Faktor Perangkat
Selain tempat tinggal kita yang dalam jangkauan 4G, perangkat yang kita gunakan harus sudah support jaringan tersebut. Karena perangkat pada seluler kita yang untuk menangkap sinyal di bawah 4G, tidak bisa mendapatkan sinyal 4G. Tapi perangkat teratas bisa menangkap sinyal di bawah nya. (Tergantung juga pada spesifikasi perangkat tersebut). Yang jelas perangkat seluler yang digunakan harus support 4G. Kalo perangkat belum support, sebaiknya mengganti (beli lagi.. hehehe) perangkat yang sudah support. Kalau anda punya Smartphone Xiaomi Redmi 2 Prime, bacalah Cara SettingSinyal 4G pada  Xiaomi Redmi 2 Prime dan Kerugian nya. 

3. Faktor SIM Card
Selain hal penting diatas, perlu diperhatikan juga SIM Card yang kita gunakan. Juga harus support jaringan 4G. Bagaimana kalo belum support tapi ingin bisa menggunakan layanan 4G tanpa ganti nomor utama? Cara nya gampang kok, yang paling mudah adalah menghubungi costumer servis produk tersebut. 

Kalo kita ingin menikmati layanan 4G, 3 syarat di atas harus terpenuhi, tidak boleh kurang. Misal, kita tinggal di Jakarta dan memiliki smartphone Android support 4G, tapi masih menggunakan SIM Card lama keluaran tahun 2004 dan belum 4G, otomatis tidak bisa menikmati layanan ini. Atau, karena baru dapat gaji kemudian beli Smartphone dan SIM Card support 4G, tapi tinggal nya di tempat yang terpelosok bahkan sinyal pun sulit, silahkan coba apakah bisa mendapat sinyal 4G. 

Mungkin itu sedikit penjelasan tentang jaringan 4G dan syarat utama agar bisa menikmati layanan tersebut, terimakasih atas kunjungan nya, 

0 comments: