Manfaat Internet Bagi Kehidupan Manusia

Sekarang adalah zaman globalisasi. Informasi dan apapun bebas keluar
masuk ke dalam negeri ini. Apalagi sekarang yang paling nge'trend
adalah internet. Dengan internet informasi apapun bisa kita dapatkan
dengan mudah, tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Dengan internet,
dapat dikatakan dunia ada di genggaman tangan.

Ditambah lagi sekarang telah banyak gadget yang menyediakan fitur yang
sangat mendukung. Smartphone yang harga murah dan terjangkau, hp pun
sudah beraneka ragam. Tablet android yang memudahkan kita dalam
menyelesaikan pekerjaan. IPhone dan gadget lain yang dalam waktu ke
waktu selalu bersaing. Dan lain-lain.

Untuk internet sendiri sekarang ini sudah banyak terhubung dengan
fasilitas-fasilitas untuk memudahkan pekerjaan kita. Ada banyak
sekali, dan kita merangkum manfaat dari internet, diantaranya sebagai
berikut:

1. KUMPULAN BERBAGAI INFORMASI

Bisa dibilang bahwa internet adalah gudangnya informasi, baik itu
informasi asli bahkan sampai yang asal-asalan. Pemenang lomba futsal di China, pidato presiden di Inggris, kecelakan kereta di Jepang, dapat segera diketahui melalui internet. Tapi perlu diingat, informasi pada dunia maya tidak mendapat penyaringan yang berarti. Secanggih apapun sistem penyaring informasi, diri kitalah yang sangat menentukan. Maka dari itu dalam menerima informasi tersebut harus betul-betul dipilih dan dicari kebenarannya. Dan gunakan informasi yang ada dengan bijak dan berhati-hati.

2. PERTEMANAN

Kita sudah sering mendengar Facebook, Twitter, Google+, Instagram, Yahoo!, Weblog, dan jejaring sosial lainnya. Salah satu tujuannya dibuat jejaring sosial tersebut adalah untuk berhubungan lewat
internet, sehingga memperkuat tali silaturahim. Banyak cerita orang yang sudah berpisah lama dengan sahabatnya, yang akhirnya ketemu lagi di internet. Dengan mudah kita bisa membuat akun tersebut dan menjalin hubungan dengan teman-teman kita di dunia maya. Kelebihannya walaupun
teman kita berada di ujung dunia sekalipun, kita tetap bisa menjalin hubungan karena adanya internet.

3. SUMBER BERITA

Banyak sekali situs-situs berita yang diterbitkan via internet. Untuk luar negeri seperti CNN, BBC, dan lainnya. Yang lokal seperti Kompas, Detik, Viva, Sindo, dan lainnya. Yang situs tersebut selalu
menyediakan berita-berita terbaru. Baik berita di dalam maupun luar negeri. Portal berita selalu update dalam hitungan menit dan dapat dibaca oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun. Sehingga kita tidak ketinggalan berita di luar sana. Sekali ada berita yang masuk ke internet, akan dapat dengan mudah dibaca oleh siapapun di belahan dunia manapun. Tidak seperti televisi dan radio yang memerlukan jadwal penayangan khusus.

4. PENDIDIKAN

Dengan adanya internet, kita bisa mendapatkan berbagai referensi yang beragam dari berbagai sumber dengan harga yang relatif murah. Tugas sekolah, pembuatan skripsi, materi laporan, dan lainnya semua ada di dalam internet. Tinggal memilih mana yang kita butuhkan. Ditambah lagi fasilitas search engine seperti Google dan Yahoo yang membantu kita untuk mencari apa yang kita inginkan, sehingga waktu kita menjadi lebih efisien.

5. BISNIS

Banyak orang yang mendapatkan penghasilan melalui internet. Caranya pun beraneka ragam, mulai dari yang legal bahkan sampai yang ilegal (diharamkan). Google AdSense, salah satu yang bisa kita coba untuk menghasilkan uang dari internet. Apalagi bagi yang hobi menulis, tulisannya bisa bermanfaat bagi orang lain, disisi lain juga bisa menjadi penghasilan. Dengan jejaring sosiaj atau web untuk memasarkan bisnis yang kita miliki. Yang nantinya dapat dilihat oleh siapapun sehingga bisnis kita dikenal banyak orang bahkan sampai ke luar negeri.

6. JUAL BELI ONLINE

Jika anda memiliki usaha jual beli sesuatu, tidak salah jika usaha anda digabungkan ke dalam internet. Sekarang ini sudah sangat banyak pengusaha yang bermain di dunia maya tersebut. Jangan heran jika sekarang kegiatan jual beli di internet sangatlah besar. Kita bisa mendapatkan jilbab bermerek dengan harga murah di internet. Mudah saja, tinggal masukkan kata kunci 'agen jilbab murah' di Google. Namun tetap harus diperhatikan bahwa tidak semua penjual di dunia maya benar-benar nyata dan halal.

0 comments: